News

Semarang's 469th City Birthday New Logo

Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Semarang ke 469, pemerintah kota mengadakan lomba desain logo untuk memeriahkan momen yang diperingati setiap tanggal 2 Mei tersebut. Lomba yang diprakarsai oleh Forum Wartawan Balai Kota (Forwakot) Semarang bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang ini menyiapkan hadiah yang cukup menarik bagi pemenangnya. Desain yang terpilih akan diusulkan ke Pemkot Semarang untuk nantinya dijadikan logo resmi HUT Ke-469.

Lomba desain logo HUT Semarang ini terbuka untuk umum (Warga Negara Indonesia), baik secara perorangan ataupun perusahaan. Tiap peserta hanya diizinkan untuk menyerahkan maksimal 2 alternatif desain. Tak hanya berupa logo, peserta juga harus memberikan contoh pengaplikasian logo pada kop surat, amplop, stempel, dan media cetak.

Pendaftaran lomba tersebut dibuka pada 5 Maret 2016 dan telah berakhir pada 20 Maret 2016 lalu. Selama kurun waktu tersebut, telah tercatat lebih dari 120 peserta yang berpartisipasi. Desain yang memenuhi persyaratan akan langsung dinilai oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Selain itu, terdapat juga Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi, praktisi desain grafis Adam Muda, dan tim dari Forwakot yang berperan sebagai juri.

Di Semarang, penggunaan logo dalam memperingati ulang tahun kota telah dimulai sejak 2 tahun lalu. Namun sayangnya, logo tersebut banyak menuai kritikan keras dari para netizen dan ahli desain grafis. Menurut beberapa sumber media, logo tersebut dianggap tidak layak dan kurang merepresentasikan Kota Semarang.

semarang-467

Logo HUT Semarang ke-467
Source : seputarsemarang.com

Hal itulah yang melatarbelakangi adanya pergerakan sosial yang terwujud dalam event lomba desain logo bertajuk "Kado Untuk Semarang" diselenggarakan pada HUT Semarang ke-468. Pergerakan sosial ini merupakan bentuk kerja sama antara Forum Rembug Socmed, CB31ArtSpace, Karamaba Art, Peacock Advertising, Playon, Klinik Desain, Komunitas Kaskus Regional Semarang, Kreavi, serta mahasiswa dari DKV UNNES dan DKV UDINUS.

Pada event tersebut terdapat 136 logo dari 106 peserta yang terkumpul selama periode pendaftaran 27 Februari hingga 10 Maret 2015. Desain-desain logo tersebut dikurasi oleh praktisi desain dan akademisi bidang desain grafis, yang dimenangkan oleh Tri Aryanto.

semarang-468

Logo HUT Semarang ke-468
Source : semarangkota.com

Meski telah dinobatkan sebagai logo resmi HUT Semarang ke-468, logo ini tampaknya tidak diaplikasikan secara maksimal, terlihat dari cara pengaplikasian logo tersebut yang kurang tepat pada beberapa media. Hal ini terjadi mungkin dikarenakan kurangnya standarisasi penerapan logo serta tidak adanya pengawasan dari pihak praktisi/konsultan desain kota Semarang.

Kita dapat menyaksikan 20 desain terbaik yang akan diumumkan pada 25 Maret 2016 mendatang melalui akun Facebook Forwakot Semarang. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 27 Maret 2016 dan penyerahan hadiah akan diselenggarakan bertepatan dengan HUT Kota Semarang, tanggal 2 Mei 2016.

Design that created from a problem to be solved, is usually more appealing and feels right.

Irvan SubektiIS Creative

IS Creative dan masyarakat Kota Semarang bersama-sama menyimak, apakah logo HUT Semarang tahun ini bisa mewakili budaya dan semangat Kota Semarang. Semoga logo yang keluar sebagai juara dapat menjadi kebanggaan kota dan masyarakatnya, serta lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Permalink

Loading...

IS Creative

About the author

IS Creative

IS Creative adalah sebuah agensi kreatif multi-disiplin yang fokus kepada komunikasi visual, desain identitas brand/merek, dan juga multimedia. Kami telah membantu banyak klien-klien untuk mencapai tujuan bisnis mereka dan meningkatkan kualitas citra brand/merek mereka dalam berbagai macam hal. IS Creative selalu berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan karya-karya yang unik dan berkualitas pada setiap proyek kami.