Inspiration

New Logo, Better Brand? Or Just Another Make-up Cosmetic?

Dua tahun belakangan ini, banyak brand besar baik lokal maupun internasional yang melakukan rebranding. Perubahan logo, slogan, dan konsep bisnis mereka lakukan dengan beragam tujuan. IS Creative telah memilih 10 brand yang cukup dikenal oleh masyarakat, dimana mereka memutuskan untuk melakukan upaya rebranding. Siapa saja dan apa alasan mereka? Ulasan singkatnya dapat Anda simak dalam artikel berikut ini.

1. Gramedia

Gramedia

Logo Lama dan Baru Gramedia
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Menginjak usia yang telah mencapai 45 tahun, Gramedia meluncurkan logo dan konsep baru bertajuk "New Experience" pada Maret 2015 lalu. Dalam konsep baru tersebut Gramedia ingin membuat masyarakat menjadi akrab dan tidak berjarak, sehingga nantinya mengunjungi Gramedia adalah sebuah gaya hidup. Satu ciri khas dari toko buku ini adalah adanya musik klasik karya Dave Koz, Kenny G, Boney James, dan Nino Rota yang selalu diputar di dalam toko buku tersebut.

Gramedia

Sumber: cdn-2.tstatic.net

"Kami ingin menarik lagi orang supaya tetap datang ke Gramedia. Tetapi tidak sekedar datang ke Gramedia, tetapi datang sekaligus menikmati pengalamannya, menikmati layanannya, dan menikmati konsep baru ini."

Yosef Adityo N, GM Corporate Secretary Gramedia Asri Media - dikutip bisniskeuangan.kompas.com

2. Kaskus

Kaskus

Logo Lama dan Baru Kaskus
Sumber: poster.co.id

Perubahan logo dan peluncuran fitur baru yang dilakukan oleh komunitas online pertama di Indonesia ini adalah yang pertama kali sejak tahun 1999 dimana Kaskus didirikan. Logo baru perusahaan yang diisukan dibeli oleh PT Djarum seharga Rp 600 milyar ini, memiliki arti perfection (kesempurnaan), unity (kesatuan), dan courage (keberanian). Perubahan tersebut dilakukan karena melihat adanya perkembangan baik dari segi Kaskusersnya maupun dunia online. Oleh karena itu, Kaskus memutuskan untuk melakukan inovasi dalam memenuhi kebutuhan Kaskusers.

Kaskus

Testimoni Perubahan Logo Dari Kaskus Untuk Kaskuser
Sumber: cdn.tempo.co

"Kami terus melakukan inovasi sesuai dengan kebutuhan Kaskuser. Perubahan logo dan penambahan fitur baru ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru dan memenuhi kebutuhan mereka."

Andrew Darwis, Founder dan Chief Community Officer Kaskus - dikutip dari teknologi.news.viva.co.id

3 . AXIS

AXIS

Perubahan Logo AXIS dari Masa Ke Masa
Sumber: id.wikipedia.org dan pulsa.net

AXIS yang dahulu berada di bawah bendera Lippo dan memiliki nama resmi PT Natrindo Telepon Seluler ini, telah melakukan perubahan logo sebanyak 4 kali sejak 2011. Pada 2008-2014, AXIS sempat diakusisi oleh salah satu perusahaan seluler asal Saudi Arabia bernama STC dan terkahir AXIS bergabung dengan XL Axiata.

Kini dengan tampilan logo baru yang diluncurkan pada Maret 2015 lalu, AXIS menawarkan gaya hidup baru dalam menggunakan layanan telekomunikasi melalui penyediaan layanan yangsimple dan irit, baik itu layanan telepon, SMS, dan Data/Internet. Pengenalan kembali AXIS ini juga dibarengi dengan peluncuran program gaya hidup “Iritology”, yakni penawaran layanan Ngobrol Irit, Ngenet Irit, Awet Irit.

4 . Astra Motor

Astra-Motor

Logo Baru dan Lama Astra Motor
Sumber: www.halodesain.com

Memiliki usia yang sama dengan Gramedia, yakni 45 tahun, Astra Motor juga memutuskan untuk menggunakan konsep dan logo baru. Perubahan logo Astra pada tahun 2015 ini melambangkan semangat baru Astra Motor dalam dalam mewujudkan harapan konsumen. Selain itu, logo baru Astra Motor yang didominasi oleh warna biru dan merah ini merupakan bentuk penyesuaian diri dengan perubahan yang terjadi.

Astra-Motor

Logo Main Dealer dan Dealer Menggunakan Konsep Logo Baru
Sumber: www.astramotor.co.id

Warna biru yang mewakili warna PT Astra International Tbk sebagai induk perusahaan Astra Motor, juga berarti kepercayaan, dinamis, kreativitas, serta loyalitas. Sedangkan warna merah mewakili warna logo sepeda motor Honda, sebagai produk utama dalam penjualan retail Astra Motor.

Selama 45 tahun di industri sepeda motor Indonesia, kami melalui berbagai perubahan. Kami selalu berusaha untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi, baik itu mengenai teknologi maupun keinginan konsumen. Di momen ulang tahun ini, kami ingin menyempurnakan diri dengan melahirkan logo baru.”

Sigit Kumala, Chief Executive Astra Motor - dikutip dari www.astramotor.co.id

5. Biznet

Biznet

Logo Baru dan Lama Biznet Network
Sumber: cdns.klimg.com

Biznet Network, sebuah perusahaan operator telekomunikasi dan multimedia bertaraf nasional, melakukan perubahan logonya pada Mei 2015 lalu. Peluncuran logo yang dilakukan bertepatan dengan ulang tahun ke 15 Biznet ini didasari oleh harapan agar Biznet mampu menjadi representative Biznet Networks dalam meningkatkan kualitas layanannya untuk semua kalangan pelanggan di Indonesia. Logo baru ini terkesan lebih soul dan memiliki desain lebih fleksibel dan dinamis. Peluncuran logo tersebut juga dibarengi dengan peluncuran slogan baru, yakni “Connecting Indonesia”.

Biznet

Layanan Biznet Setelah Rebranding
Sumber: pbs.twimg.com

Kami berkomitmen dalam menyediakan inovasi, infrakstruktur, serta layanan kelas dunia. Melalui jaminan infrastruktur kami yang terus diperbaharui, kami mampu menyediakan solusi yang terbaik bagi konsumen Indonesia di semua segmen."

Adi Kusma, Presiden Direktur Biznet Networks dikutip dari www.jagatreview.com

6. Blibli.com

Blibli.com

Logo Baru dan Lama blibli.com
Sumber: 3.bp.blogspot.com

Mal online pertama dari Indonesia, Blibli.com, pada 2015 lalu usianya yang menginjak 4 tahun. Pada usia yang masih terbilang muda, Blibli.com melakukan perubahan logo dan slogan yang dimaksudkan untuk merefreshbrand dan mempertajam ciri-ciri utama yang dimiliki oleh situse-commercetersebut. Adapun perubahan slogan dari "Anytime, Anywhere Shopping" yang berubah menjadi "Big Choices, Big Deals" menggambarkan banyaknya pilihan produk dari berbagai merek ternama di Blibli.com.

Blibli.com

Kusumo Martanto, CEO Blibli.com
Sumber: marketeers.com

"Kalau logo lama berwarna biru corporate, sekarang birunya lebih cerah. Ditambah ikon keranjang belanja yang menunjukkan Blibli.com sebagai situs belanja online."

Kusumo Martanto, CEO Blibli.com - dikutip dari www.infokomputer.com

7. Lenovo

Lenovo.com

Logo Baru dan Lama Lenovo
Sumber: www.businessinsider.co.id

Pada Juni 2015 lalu, Lenovo resmi mengumumkan perubahan logonya di Indonesia. Perusahaan yang berbasis di Taiwan ini juga mengganti slogan yang dimilikinya, semula "Lenovo For Those Who Do" berubah menjadi " Life Never Stand Still". Pengenalan logo baru Lenovo ini didorong oleh perubahan dramatis, dari produsen PC menjadi pemimpin teknologi dan kini menjadi salah satu perusahaan consumer electronics. Sejumlah sumber menyebutkan, 5 produk Lenovo terjual per detik!

Lenovo.com

Presentasi Logo Baru Lenovo oleh Rajesh Thadani,Executive Director and General Manager, Lenovo Indonesia Region.
Sumber: cdn.sindonews.net

Transformasi identitas baru yang dirancang oleh design agency New York Saatchi & Saatch ini pertama kali ditampilkan dalam ajang Lenovo Tech World di Beijing, Cina. Lenovo mengklaim identitas baru itu lebih menarik, dinamis, dan berenergi. Menurut David Roman selaku pimpinan Divisi Marketing Lenovo, ide utama di balik logo Lenovo adalah sebuah kotak konsep yang bisa diedit dengan mudah untuk menambahkan berbagai elemen yang ingin digunakan pengguna, baik warna, materi, foto, atau video.

8. Opera

Opera.com

Logo Baru Opera
Sumber: myfopinion.files.wordpress.com

Browser company Opera memperkenalkan tampilan dan nuansa baru pada September 2015 lalu. Diakui oleh Opera, peluncuran tampilan dan nuansa baru tersebut bermakna lebih dari sekedar peralihan logo. Dikutip dari rilis yang dikeluarkan langsung oleh Opera dalam www.opera.com, disebutkan bahwa,"It’s time for a consistent brand identity that reflects what Opera is about: We want to enable more people, in more places, to experience what matters, when it matters most."

Opera.com

Logo Baru Opera untukwallpaper desktop dan mobile phones yang dapat didownload langsung di sini
Sumber: www.opera.com

Menginjak usia 20 tahun, perusahaan asal Norwegia ini telah melayani lebih dari satu milyar pengguna internet setiap bulannya mulai dari desktop,mobile, sampai televisi. Huruf "O" berwarna merah tetap dipertahankan, dimana menggambarkan portal yang dapat menghubungkan pengguna dengan internet. Lambang tersebut juga menyimbolkan gerbang yang membawa pengguna ke lebih banyak hal, konten, penemuan, jawaban, kesenangan, penghematan data, dan hal menarik lainnya dalam hidup.

9 . Google

Google

Logo Google dari masa ke masa
Sumber: tekno.kompas.com

Siapa tidak mengenal Google? Google yang dikenal sebagaisearch enginememulai debutnya sejak 18 tahun lalu dan telah membeli You Tube, meluncurkan android, dan Maps untuk memperluas bisnisnya. Pada September 2015 lalu Google kembali merubah logo untuk yang ke 7 kalinya.

Perubahan ini dimaksudkan agar lebih sesuai dengan pergeseran tren perangkat yang dipakai oleh pengguna internet. Logo Google yang baru ini diharapkan bisa lebih sesuai untuk semua jenis perangkat, bahkan yang memiliki "layar terkecil" sekalipun. Uniknya, banyak yang menyebutkan bahwa logo baru Google ini meniru logo Lenovo. Hmm, benarkah demikian?

"Today we're introducing a new logo and identity family that reflects this reality and shows you when the Google magic is working for you, even on the tiniest screens."

Tamar Yehoshua, vice president of product management and Bobby Nath, director of user experience of Google - dikutip dari www.dezeen.com

10 . Instagram

Instagram

Logo Instagram Lama dan Baru
Sumber: tekno.kompas.com

Setelah pada 2015 lalu banyak perusahaan yang melakukan perubahan logo dan konsep mereka, pada tahun 2016 ini giliran instagram yang merubah logonya. Logo lama instagram yang berupa desain skeumorphic (mirip dengan obyek di dunia nyata) berbentuk serupa kamera Polaroid, kini tampil lebih flat dan sederhana dengan outline berwarna putih dan gradasi beberapa warna cerah. 

Instagram

Logo Aplikasi Lain Dari Layanan Instagram yang Ikut Berubah
Sumber: tekno.kompas.com

Ian Spalter, kepala bagian desain Instagram, menjelaskan melalui design.co bahwa perubahan logo dimaksudkan agar aplikasinya tampil lebih modern dan relevan di era seperti sekarang ketika kebanyakan pengguna mengambil foto dengan smartphone. Namun, banyak pihak yang menyayangkan perubahan logo tersebut. Seperti dikutip dari www.inc.com, banyak pengguna yang meminta logo lama instagram kembali bahkan menyebutnya sebagai karya dalam kompetisi anak sekolah.

Upaya rebranding merupakan salah satu langkah untuk mendekatkan diri dengan konsumen, bukan malah menjadikan brand jauh dengan para konsumennya. Seperti diungkapkan oleh Thierry Brunfaunt,"Don't design for brands, design for people interacting with brands". Jika Anda mendapati kesulitan dalam menyusun strategi branding usaha yang Anda jalani, Anda dapat menghubungi IS Creativefor freeuntuk diskusi lebih lanjut, baik via email, telepon, atau Facebook Page kami.

Use the free online HTML tidy to compose similar articles in your web browser.

Permalink

Loading...

IS Creative

About the author

IS Creative

IS Creative adalah sebuah agensi kreatif multi-disiplin yang fokus kepada komunikasi visual, desain identitas brand/merek, dan juga multimedia. Kami telah membantu banyak klien-klien untuk mencapai tujuan bisnis mereka dan meningkatkan kualitas citra brand/merek mereka dalam berbagai macam hal. IS Creative selalu berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan karya-karya yang unik dan berkualitas pada setiap proyek kami.