Article

Keeping Up With The Brochure Family

Pernahkah Anda membuat sebuah brosur? Bagaimana dengan flyer? Tahukah Anda bahwa flyer merupakan salah satu format brosur?

Brochure is a small booklet or folded paper giving brief details about what it's selling. It usually includes illustrations and is made to be eye-catching and easily read. Small booklets or pamphlets used to be stitched together, and from that stitching we get the word brochure.

Vocabulary.com - Brochure
A brochure is an informative paper document often used for sharing promotional material. Brochures are often also referred to as flyers, pamphlets, or leaflets.

Community Tool Box - What Is a Brochure?

Banyaknya istilah dan pemahaman tentang brosur tentu mengganggu proses planning, desain, dan penggunaannya. Setelah mencari banyak definisi dan juga berdasarkan pengalaman kami di IS Creative, berikut versi pemahaman sederhana kami dari format-format brosur yang biasanya digunakan.

Flyer

Format brosur yang paling sederhana adalah flyer. Flyer biasanya dicetak pada selembar kertas (A4 atau lebih kecil) dan berisi informasi yang bersifat singkat, padat, dan tepat. Format ini digunakan untuk menyampaikan promosi dengan biaya rendah kepada target market yang luas pada area tertentu.

Dengan fungsi dan konten yang serupa dengan flyer, poster adalah media promosi alternatif yang dapat dijadikan pilihan dengan tujuan serupa. Hanya saja poster memiliki ukuran lebih besar dan biasa diletakkan/ditempel pada dinding.

Source : www.behance.net

Folded Brochure

Brosur jenis ini biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi yang lebih detail dibanding flyer, seperti presentasi produk, perkenalan kelembagaan, pameran dagang, rapat perusahaan, dan lain-lain. Bi-fold dan tri-fold brochure merupakan jenis folded brochure yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Bi-fold brochure terbuat dari satu lembar kertas yang dilipat menjadi dua. Lipatan tersebut membentuk 4 panel/sisi berisi cover depan dan belakang serta dua halaman di bagian dalam. Sedangkan tri-fold brochure memiliki 2 lipatan yang membentuk enam panel/sisi.

Brosur dengan dua lipatan atau lebih memiliki berbagai istilah/nama lain sesuai dengan teknik lipatannya, beberapa contohnya adalah 'Z' fold brochure, 'M' fold brochure, gate fold brochure, accordion fold brochure, dan lain-lain.

Bi-fold Brochure
Source : www.mayakagan.com

Tri-fold Brochure
Source : naldzgraphics.net

Booklet/Catalogue

Beberapa bi-fold brochure yang terikat menjadi satu dapat digolongkan menjadi booklet/katalog. Ada berbagai metode untuk menjilid booklet/katalog, seperti saddle stitch (staples), spiral bound (ring kawat/plastik), dan perfect bound (jahitan dan lem).

Dikarenakan biaya produksinya yang lebih tinggi, booklet dibagikan kepada target yang lebih spesifik dibanding flyer atau folded brochure. Meski demikian, booklet dapat memuat lebih banyak konten. Contoh booklet yang sering kita jumpai adalah katalog produk, profil perusahaan, portfolio, dan annual report.

Spiral Bound, Perfect Bound, Saddle Stich
Source : www.48hourprint.com
Understanding the correct terms and definitions is key to ensuring printing projects flow smoothly and there are no unexpected costs from misunderstanding and miscommunications.

www.empiread.com - Different types of Brochure Designs & Formats are easy to miss-understand

Ketika hendak membuat brosur, ada baiknya Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda ingin menyampaikan promosi terbatas atau sebuah acara pada waktu tertentu, maka pilihan terbaik jatuh pada flyer atau poster dengan harganya yang terjangkau dan jumlah yang banyak. Namun jika Anda ingin mengedukasi market dengan informasi lengkap dan lebih mendetail/rinci mengenai profil perusahaan atau berbagai macam produk/jasa yang ditawarkan, maka two/tri-fold brochure atau bahkan booklet (yang dapat menampung lebih banyak lagi konten) menjadi format media yang ideal. Hubungi kami untuk berkonsultasi gratis agar Anda lebih tepat dalam memilih format brosur yang sesuai.

Permalink

Loading...

IS Creative

About the author

IS Creative

IS Creative adalah sebuah agensi kreatif multi-disiplin yang fokus kepada komunikasi visual, desain identitas brand/merek, dan juga multimedia. Kami telah membantu banyak klien-klien untuk mencapai tujuan bisnis mereka dan meningkatkan kualitas citra brand/merek mereka dalam berbagai macam hal. IS Creative selalu berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan karya-karya yang unik dan berkualitas pada setiap proyek kami.