News

Kado Logo Ulang Tahun Semarang ke-470

Pada 2 Mei 2017 mendatang, Kota Semarang akan genap berusia 470 tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini pun Kota Semarang akan kembali diramaikan dengan beragam event seperti Semarang Night Carnival, Semarang Great Sale, dan tak ketinggalan lomba mendesain logo HUT Kota Semarang ke-470. 

Lomba mendesain logo dalam rangka memeriahkan HUT Kota Semarang sendiri telah terselenggara sejak 2015 lalu, dan dari tahun ke tahun antusiasme pesertanya terus bertambah. Tahun ini, lomba mendesain logo yang bertajuk "Kado Logo 470" kembali diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Semarang Digital Kreatif (SDK) yang berkolaborasi dengan Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia (AIDIA) Chapter Semarang.

AIDIA sendiri merupakan asosiasi yang menaungi para akademisi maupun praktisi untuk bersinergi satu dengan lainnya dalam ranah desain komunikasi visual. Asosiasi yang telah memiliki legalitas ini ke depannya akan bertugas untuk melakukan sertifikasi profesionalitas para desainer komunikasi visual yang ada di Indonesia, dengan harapan kelakdesain grafis menjadi profesi yang sah dan diakui baik di dalam maupun luar negeri (baca selengkapnya di: http://blog.iscreativeworks.com/idealist/the-future-of-indonesian-graphic-designer)

kado-logo-ulang-tahun-semarang-ke-470

Anggota AIDIA Chapter Semarang saat melakukan rapat kerja

(Dari kiri ke kanan: Adam Muda (Klinik Desain), Godham Eko Saputro (Dosen DKV Udinus), Rahina Nugrahani (Dosen DKV Unnes), Noviaji (Becakmabur), Adi Nugroho (Freelancer), Moelyono Rahardjo (Symbiosisworks), Anthony Novianus (Freelancer), dan Irvan Subekti (IS Creative).

Adanya campur tangan dari pihak yang berkompeten dalam bidang desain komunikasi visual, menciptakan atmosfer yang berbeda pada lomba logo kali ini. Bertindak sebagai pendamping event lomba logo, AIDIA memberlakukan ketentuan lomba yang yang tidak merugikan desainer. 

"Sayembara logo atau kontes desain sangat merugikan desainer. Mengapa? Banyak contoh buruk seperti semua karya yang masuk otomatis menjadi milik panitia, semua peserta harus mengirimkan file asli (.ai/ .cdr) yang rawan disalahgunakan, memilih pemenang berdasarkan like terbanyak, atau dewan juri yang tidak kompeten di bidangnya. AIDIA selain memiliki pengetahuan yang luas di bidangnya, juga hadir untuk berlaku jujur dan adil."

Godham Eko Saputro, Ketua AIDIA Semarang

Pemenang lomba logo ini nantinya juga akan dipilih langsung oleh AIDIA. Logo yang dinyatakan sebagai pemenang akan menjadi milik Pemerintah Kota Semarang, sedangkan hak ciptanya tetap pada tangan desainer. Juri berhak memberi masukan dan koreksi pada desain pemenang apabila diperlukan, dan pemenang wajib merevisi logo sesuai mengikuti arahan yang telah ditentukan.

Kado Logo 470 memungkinkan setiap orang berpartisipasi dalam HUT Kota Semarang dengan memberikan kreasi desain berupa logo angka 470 sebagai hadiah ulang tahun. Tidak hanya berlaku bagi warga Semarang, lomba ini juga boleh diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia 15 tahun ke atas. Logo yang terpilih nantinya akan ditetapkan sebagai logo resmi HUT Kota Semarang ke-470.

Dalam lomba logo kali ini panitia memberikan syarat khusus yang tidak berlaku pada lomba logo di tahun-tahun sebelumnya, salah satunya adalah logo hanya boleh menampilkan teks “470th” dan “Semarang”. Selain itu, tampilan logo harus bersifat aplikatif, yakni dapat diterapkan pada berbagai kemungkinan teknik dan media baik dua maupun tiga dimensi. Logo juga harus berupa simbol atau karakter yang menggambarkan Semarang yang progresif, kreatif, dan inovatif.

Logo yang dikirimkan merupakan logo original yang belum pernah dilombakan dan dipublikasikan di media manapun. Peserta juga diberikan keleluasaan untuk mengirimkan lebih dari 1 desain logo. Karya dikirimkan dalam ukuran A4 landscape, format JPEG (300 dpi), spesifikasi kode warna logo versi RGB, dan karya harus jelas bila diperkecil sampai dengan 3x3 cm. Selain itu, peserta harus melampirkan filosofi dari konsep desain logo berupa uraian makna logo dalam format .pdf.

Bagi kalian yang ingin memberikan karya terbaiknya untuk Kota Semarang, dapat mengirimkan karya tersebut via email kadologosmg@gmail.com dengan subjek: kado logo 470. Logo diterima oleh panitia paling lambat 10 Maret 2017 pukul 24.00 WIB. Lima nominasi desain terbaik akan diumumkan melalui social media SDK dan AIDIA Semarang pada 17 Maret 2017 mendatang. Kelimanya kemudian diberikan kesempatan untukmempresentasikan konsep logo via media sosial sehingga terpilih pemenang lomba.

Untuk info resmi dari Pemkot Semarang, kalian bisa cek langsung di link ini

Permalink


IS Creative

About the author

IS Creative

IS Creative adalah sebuah agensi kreatif multi-disiplin yang fokus kepada komunikasi visual, desain identitas brand/merek, dan juga multimedia. Kami telah membantu banyak klien-klien untuk mencapai tujuan bisnis mereka dan meningkatkan kualitas citra brand/merek mereka dalam berbagai macam hal. IS Creative selalu berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan karya-karya yang unik dan berkualitas pada setiap proyek kami.