Inspiration

Design Practice in Ancient World

Desain telah mengalami banyak perkembangan dari waktu ke waktu, khususnya pada 50 tahun terakhir. Sebenarnya praktek mendesain ini telah dilakukankan oleh manusia sejak jaman dahulu untuk menyampaikan pesan bahkan sebelum mereka mengenal tulisan. Hal ini kemudian berkembang pesat setelah diciptakannya alfabet yang menjadi salah satu faktor pendorong kemajuan di bidang komunikasi antar manusia.

Pada artikel ini kami akan memperlihatkan sekilas tentang desain-desain zaman dahulu, mulai dari zaman prasejarah sampai abad ke-17. Pada zaman itu, manusia diketahui telah memiliki karya-karya desain yang terwujud dalam bentuk simbol, peta, bangunan, dan beberapa jenis benda.

Logo Design

ancient-design-1

ancient-design-2

Simbol Swastika berarti "baik", "keselamatan", dan "keberuntungan". Simbol ini memiliki nama yang berbeda di setiap negara. Swastika pertama kali ditemukan terukir pada patung gading yang telah berusia kurang lebih 12.000 tahun.

Dalam Yunani Kuno, simbol swastika merupakan simbol yang menghubungkan langit dan bumi, dengan lengan kanan menunjuk ke langit dan lengan kiri menunjuk ke bumi. Sedangkan di Fenisia, swastika dianggap sebagai simbol matahari dan merupakan simbol suci yang digunakan oleh pendeta.

ancient-design-3

Malta Dual Spiral

ancient-design-4

Malta Spirals

ancient-design-5

Newgrange (Irlandia) Spiral

Tiga simbol di atas adalah ragam dari simbol spiral, dimana ketiganya biasa ditemukan di batu dan kuil-kuil di seluruh dunia serta dimungkinkan mengandung unsur spiritual. Simbol spiral diperkirakan telah digunakan sejak 10.200 - 2.000 SM, contohnya spiral dalam Ggantija Temples di Gozo yang diakui dunia sebagai bentuk spiral tertua. Dalam hal simbologi, spiral telah dikenal sebagai simbol pembaharuan, kelahiran kembali, dan pertumbuhan. Dalam perkembangannya, Newgrange (Irlandia) Spiral bahkan dipergunakan untuk melihat pergerakan bintang-bintang yang menunjang sistem navigasi pada masa itu.

ancient-design-6

Ankh merupakan simbol Mesir kuno yang mengandung energi feminin dan maskulin. Kombinasi bentuk salib dan lingkaran ini melambangkan laki-laki dan perempuan yang berarti kesuburan dan kreatifitas. Bentuk lingkaran di bagian atas simbol juga melambangkan matahari di cakrawala yang merepresentasikan reinkarnasi/kelahiran kembali.

ancient-design-7

ancient-design-8

ancient-design-9

Fleur De Lis dalam masa Pra-Colombus merupakan simbol ketuhanan yang terkait dengan trinitas dewa, pohon kehidupan, dan jamur keabadian. Simbol tersebut melambangkan penggunaan, pemujaan, dan penggambaran jamur suci budaya Mesoamerika yang tercantum dalam teks suci agama Hindu (Rig Veda). Sedangkan di Perancis, Fleur De Lis merupakan lotus (teratai) atau The Auriflamme (nyala api) yang disebut-sebut menjadi awal terbentuknya Perancis. Sumber lain menyebutkan bahwa simbol ini juga berarti maskulinitas.

ancient-design-10

ancient-design-11

Simbol Om atau "AUM" biasanya terkait dengan tradisi Hindu yang merupakan salah satu mantra paling kuno dan suci. Pertama kali muncul dalam tulisan-tulisan Vedic setua 1.700 - 1.100 SM dan ditemukan di seluruh teks suci Hindu. A berarti Brahma/surga, U berarti Wisnu/bumi, M berarti Shiwa/bawah yang berarti melambangkan penciptaan. Om sering digunakan dalam meditasi, dimana ketika mengucapkan kata ini secara berulang, mediator dapat memperdalam kesadarannya.

Information Design

ancient-design-1

Gambar tersebut adalah salah satu peta tertua di dunia yang ditemukan di Turki dan berasal dari tahun 6.000 SM. Peta tersebut dilukis di dinding, dimana isinya menunjukkan jalan-jalan dan rumah-rumah dalam bentuk yang tersusun di bawah Gunung Hazan Dag.

ancient-design-2

Kalender Maya yang kita kenal selama ini bukanlah buatan Bangsa Maya, melainkan bagian dari budaya di Columbus Amerika Tengah (termasuk Maya) sekitar tahun 2.000 SM. Kalender ini memiliki desain yang cukup unik dengan tiga jenis kalender yang digunakan secara bersamaan. Jenis kalender tersebut adalah "Haab" yang merupakan kalender matahari 365 hari, "Tzolkin" kalender 260 hari (untuk menentukan waktu acara keagamaan dan seremonial), serta "The Long Count" kalender astronomi yang mendeskripsikan siklus universal (dimana Bangsa Maya percaya bahwa alam semesta hancur dan kemudian diciptakan pada awal setiap siklus universal).

ancient-design-3

Babylonian Map of The World dibuat di atas tanah liat dan diklaim sebagai peta paling awal yang berasal dari tahun 500 SM. Desain peta tersebut menggambarkan adanya bird’s eye sebagai lambang pandangan pada dunia yang berbentuk bulat dan berpusat pada Kota Babilonia di tengah. Dunia digambarkan dengan dua lingkaran konsentris sebagai benua di sekitar Babilonia, daerah antara dua lingkaran adalah laut, dan segitiga yang berada di luar lingkaran adalah daerah yang belum dipetakan.

ancient-design-4

Sebuah gambar berisi informasi yang dibuat pada tahun 1513 di atas kulit rusa ini adalah Piri Reis Map. Peta Piri Reis secara akurat memetakan garis pantai Afrika Barat dan timur Amerika Selatan, termasuk sebuah benua ketiga. Yang mengejutkan adalah peta Piri Reis juga menggambarkan garis pantai Antartika, yang konon belum ditemukan sampai tahun 1820, lebih dari 300 tahun setelah penciptaan peta.

ancient-design-5

Merupakan catatan bank tertua yang membuktikan bahwa Bangsa Cina tidak hanya menemukan kertas, mereka juga telah menemukan uang kertas pada masa pemerintahan Kaisar Chen Tsung (1.022-998 SM). Catatan bank tersebut berupa kertas murbei tebal bertekstur dengan karakter dan simbol yang dicetak menggunakan warna hitam.

Environmental Design

ancient-design-1

ancient-design-2

Ada banyak kuil kuno di Mesir, namun Medinet Habu adalah salah satu kuil kuno terindah karena memiliki gambar-gambar unik pada dinding dan langit-langitnya. Kuil ini masih dipertahankan warna aslinya sejak didirikan oleh Firaun Ramses III. Kompleks kuil ini terdiri dari kuil tua kecil yang dibangun pada dinasti ke-18 dan sempat diperbesar setelahnya.

ancient-design-3

Sama dengan Medinet Habu, Kuil Dendera juga memiliki desain yang indah pada dinding dan langit-langitnya. Desain dalam kuil ini adalah contoh seni dekoratif Dinasti Mesir periode akhir. Sedikit informasi, Dendera itu sendiri dulunya merupakan ibu kota Mesir bagian hulu.

Ancient Product Design

ancient-design-1

ancient-design-2

Lydian coin adalah koin tertua yang dicetak pada tahun 700 - 600 SM di Turki (dulu disebut Asia Kecil) dan terbuat dari elektrum, yakni paduan emas dan perak di zaman kuno. Desain koinnya merupakan lambang raja-raja Lydian yang disimbolkan sebagai singa yang mengaum. Namun menurut sumber yang kami himpun, para ahli masih memperdebatkan tentang fungsi koin tersebut di zamannya.

ancient-design-3

Guci Kanopik memainkan peran penting dalam ritual Mesir kuno, terutama dalam proses mumifikasi sebagai wadah di mana organ-organ internal orang yang meninggal disimpan. Guci ini terbuat dari berbagai bahan seperti tembikar, emas , perunggu, batu permata, kayu, kalsit, dan material lain tergantung pada kekayaan pemilik.

ancient-design-4

ancient-design-5

Orang-orang di Mesir termasuk di antara orang-orang pertama yang membuat gerabah, yakni mulai sekitar 4.000 SM. Orang-orang mulai membuat pot tanah liat untuk menjaga gandum agar tidak basah berjamur. Pada gambar di atas terdapat satu desain gerabah yang unik menyerupai bentuk tubuh manusia, bagian bawah gerabah adalah kaki dan bagian utama adalah tubuh (orang Mesir menfasirkannya sebagai bahu, leher, dan bibir).

ancient-design-6

Piring perunggu di atas dibuat oleh kelompok etnis Dang Xiang dan memiliki desain unik, dimana ketika bagian-bagian piring ini disatukan dapat menunjukkan serta membuktikan identitas pembawanya. Benda ini digunakan untuk mengirim dokumen dan pesan yang sifatnya mendesak di bawah perintah kekaisaran.

Architecture Design

ancient-design-1

ancient-design-2

ancient-design-3

Para arkeolog berpendapat bahwa Göbekli Tepe di Turki merupakan candi/kuil tertua yang pernah ditemukan. Bangunan ini telah berusia 11.000 tahun dan dibangun oleh orang-orang prasejarah yang belum mengembangkan alat-alat logam atau bahkan tembikar. Bangunan yang semua pilarnya berbentuk "T" ini digunakan untuk tujuan ritual atau agama. Pilar "T" nya ditafsirkan sebagai bentuk manusia dan berisi ukiran hewan serta simbol-simbol abstrak.

ancient-design-4

Gambar tersebut adalah kuil yang berfungsi sebagai kamar mayat berukuran besar dan dibangun oleh Ramses II. Kuil ini didedikasikan Ramses II untuk Amun dan dikenal sebagai Makam Ozymandias. Pada menara utara bertuliskan relief pertempuran Ramses II dengan Bangsa Het. Sementara itu pada menara selatan, dindingnya bertuliskan relief pertempuran Kadesh.

ancient-design-5

Kizhi Pogost di Rusia dinobatkan sebagai warisan dunia UNESCO, merupakan bangunan gereja abad ke-17 yang seluruhnya terbuat dari kayu tanpa menggunakan paku. Bahkan saat ini, gereja dengan 22 buah kubah tersebut merupakan salah satu bangunan dengan struktur kayu tertinggi di dunia.

Beberapa gambar di atas cukup membuktikan bahwa desain telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia, bahkan sejak zaman prasejarah sekalipun. Hampir semua desain di atas memiliki makna/arti yang dalam dan dapat menjadi sumber pelajaran bagi kita yang hidup di masa-masa setelahnya. Kami pun di IS Creative selalu konsisten menghasilkan desain-desain yang tidak hanya unik, tapi juga memiliki arti.

Menurut kamu, dari sejumlah desain di atas, manakah desain yang paling menarik? Jangan lupa untuk menuliskan jawabanmu di kolom komentar bawah ini.

Permalink

Loading...

IS Creative

About the author

IS Creative

IS Creative adalah sebuah agensi kreatif multi-disiplin yang fokus kepada komunikasi visual, desain identitas brand/merek, dan juga multimedia. Kami telah membantu banyak klien-klien untuk mencapai tujuan bisnis mereka dan meningkatkan kualitas citra brand/merek mereka dalam berbagai macam hal. IS Creative selalu berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan karya-karya yang unik dan berkualitas pada setiap proyek kami.