Tutorial

Design Faster Using Alignment Action Shortcut

Seorang desainer biasanya sering mengulang beberapa langkah yang sama saat mendesain, dan pengulangan ini cukup memakan waktu. Biasanya, desainer akan menggunakan shortcut yang telah ada dalam Adobe Illustrator (AI) untuk mempercepat kinerja mereka. Namun, tidak hanya shortcut, AI juga menyediakan fitur action untuk memudahkan kinerja para desainer.

Fitur action sendiri berisi rekaman dari penggabungan langkah-langkah dalam proses desain, dimana rekaman ini tersimpan dalam memori AI. Jadi, tidak hanya terbatas untuk menu-menu/tools yang ada dalam AI, shortcut juga tersedia untuk mendukung penggunaan fitur action ini. Pada saat shortcut tersebut digunakan, fitur action yang telah terekam tadi dapat diaktifkan.

Desainer IS Creative terbiasa menggunakan shortcut dan action untuk mempercepat proses kreatif mereka. Salah satu fungsi yang sering mereka gunakan adalah alignment. Desainer kami merekam action alignment tersebut, kemudian mereka tetapkan shortcutnya. Berikut ini tutorial penggunaannya:

Step 1: Menyiapkan Dokumen

Klik file > new (Ctrl+N) kemudian set profile menjadi print, number of artboards menjadi 1, dan size menjadi A4. Pastikan kolom advance, color mode > cmyk, raster effect > high (300 ppi), kemudian klik OK.

Step 2: Membuat Objek

Buatlah dua buah objek dengan bentuk dan ukuran bebas sesuai dengan keinginan Anda. Pada tutorial kali ini kami menggunakan bentuk persegi panjang yang dibuat dengan rectangle tool (M) dan lingkaran dengan ellipse tool (L).

Step 3: Mengaktifkan Window Actions

Tidak semua orang mengaktifkan window actions-nya. Oleh karena itu mereka perlu mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara klik window > actions.

Ketika window actions sudah aktif, maka akan muncul menu actions pada halaman AI Anda seperti gambar berikut.

Step 4: Membuat Action Baru

Pada tahap ini, Anda akan membuat action baru dengan cara klik create new action pada bagian bawah menu actions. 

Kemudian akan muncul window new action seperti gambar di bawah. Beri nama center alignment pada kolom name. Ubah function keyF2, lalu klik record untuk mulai merekam action-action yang akan Anda simpan. Pemberian nama pada kolom name di atas bersifat bebas, disesuaikan dengan jenis action yang akan Anda buat.

Step 5: Merekam Action Center Alignment 

Tahap ini memasuki tahap merekam langkah penyelarasan dua objek agar suatu objek berada tepat di tengah objek lainnya. Blok kedua objek yang telah Anda buat, dan klik salah satu objek untuk mengunci objek tersebut supaya posisinya tidak berubah ketika Anda melakukan penyelarasan.

Penguncian salah satu objek juga akan membuat objek lain bergerak mengikuti posisi objek kunci. Objek yang terkunci ditandai dengan adanya outline biru yang lebih tebal daripada objek lain yang tidak terkunci. Terakhir, klik tombol horizontal align center dan vertical align center.

Setelah langkah di atas selesai dan objek tampak seperti gambar di bawah, klik stop playing/recording dan action ini akan otomatis tersimpan dalam software AI Anda.

Step 6: Merekam Vertical Distribute Space

Kali ini, kita akan membuat perekaman action dimana dua buah objek menempel tepat di atas/bawah objek lain. Langkah-langkah untuk membuat action ini hampir sama dengan langkah membuat center alignment. Perbedaannya terletak pada step 4. Ubah name > distribute vertical, dan ubah function keyF3.

Blok kedua objek, dan klik salah satu objek untuk menjadi objek kunci seperti langkah di atas. Klik vertical distribute space, dan isi kolom angka > 0 cm untuk menghilangkan jarak.

Setelah langkah di atas selesai dan objek tampak seperti gambar di bawah, klik stop playing/recording.

Step 7: Merekam Horizontal Distribute Space

Selain center alignment dan vertical distibute space, action lain yang sering digunakan adalah horizontal distribute space, yakni membuat dua buah objek menempel tepat di kanan/kiri objek lain. Langkah-langkah untuk membuat action ini hampir sama dengan langkah membuat center alignment dan vertical distribute space. Perbedaannya terletak pada step 4. Kali ini isi name > distribute horizontal, dan ubah function keyF4.

Blok kedua objek, dan klik salah satu objek untuk menjadi objek kunci seperti langkah di atas. Klik horizontal distribute space, dan isi kolom angka > 0 cm untuk menghilangkan jarak.

Setelah langkah di atas selesai dan objek tampak seperti gambar di bawah, klik stop playing/recording.

Step 8: Membuat Folder Action

Jika Anda telah selesai merekam berbagai action yang Anda butuhkan dalam mendesain, Anda dapat memasukkannya ke dalam sebuah folder dengan cara klik create new set pada menu actions. 

 

Kemudian, ubah nama folder sesuai dengan keinginan Anda.

Pilih action-action yang akan Anda masukkan ke dalam folder tersebut dengan cara klik action-action tersebut, lalu drag ke arah folder.

Kita dapat merekam berbagai action yang sering kita gunakan ketika mendesain serta menciptakan fungsi shortcut baru untuk F5, F6, F7, dan seterusnya. Perlu diingat bahwa tidak hanya alignment action saja yang dapat kita buat shortcutnya, action lain pun dapat kita buat shortcutnya untuk lebih mempercepat pengerjaan desain kita.  

Demikian tutorial dari IS Creative mengenai langkah-langkah dalam merekam action menjadi sebuah shortcut untuk mempercepat proses desain, mengingat efisiensi waktu sangat diperlukan oleh seorang desainer. Jika Anda memiliki hal-hal yang ingin ditanyakan terkait tutorial di atas atau hal-hal lain yang terkait dengan desain, kami dengan senang  hati membantu Anda. Tuliskan dalam kolom komentar di bawah ini, atau Anda dapat menghubungi kami melalui Facebook dan Instagram.

Permalink


IS Creative

About the author

IS Creative

IS Creative adalah sebuah agensi kreatif multi-disiplin yang fokus kepada komunikasi visual, desain identitas brand/merek, dan juga multimedia. Kami telah membantu banyak klien-klien untuk mencapai tujuan bisnis mereka dan meningkatkan kualitas citra brand/merek mereka dalam berbagai macam hal. IS Creative selalu berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan karya-karya yang unik dan berkualitas pada setiap proyek kami.