Article

Bore is More

Pada idea session beberapa minggu lalu, salah satu senior graphic designer IS Creative, Adrian Felicianto S., membahas topik yang cukup menarik. Ia membahas tentang rasa bosan yang ternyata memiliki manfaat.

Kita pasti pernah merasa bosan yang seringkali membuat kita menyerah. Entah bosan pada rutinitas sehari - hari ataupun karena menganggur. Terlebih bagi kita yang pekerjaannya repetitive/berulang. Namun, kita pasti akan merasakan kebosanan karena pada dasarnya merasa bosan adalah fase yang harus kita alami.

Lalu, apa manfaat dari rasa bosan? Menurut pemaparan Adrian di Idea Session beberapa minggu lalu. Rasa bosan memiliki dampak positif, seperti menjadi indikator untuk saatnya melakukan hal lain, mencari solusi baru, atau dapat juga sebagai penanda untuk menghibur diri dari pekerjaan yang monoton. Selain itu rasa bosan adalah kesempatan untuk memikirkan masa lalu agar dapat mengintrospeksi diri atau merencanakan masa depan yang lebih baik.

Ternyata, kebosanan dapat membuat hidup lebih menarik! Ketika kita bosan, kita perlu mencoba melakukan hal yang berbeda dari biasanya. Misalnya mengubah rute perjalanan dari rumah ke kantor, mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi, bahkan mencoba hangout/pergi berkumpul dengan teman-teman baru untuk mengubah suasana. Aktivitas tersebut akan membuat hari-hari membosankan kita lebih menarik.

Image 1: Hangout
Source: Pexel.com

Yang tidak kalah pentingnya, bosan mampu memaksa kita agar lebih kreatif. Seperti yang dibahas oleh Dr. Sandi Mann (Seorang Ahli Psikologi dari Universitas Lancashire, Inggris) pada sebuah penelitian, kebosanan dapat merangsang otak kanan kita sehingga daya imajinasi dan kreatifitas kita meningkat. Banyak penemuan dan inovasi di dunia yang terjadi karena faktor kebosanan atau kejenuhan akan sesuatu yang sudah ada terlalu lama sebelumnya.

Image 2: Be Creative
Source: Pexel.com

Itulah beberapa hal positif yang cukup bermanfaat ketika kita bosan. Jadi tetaplah berpikir positif saat kita merasa bosan dan jangan takut mencoba hal baru. Have an un-boring life, Kaum Idealis!

Permalink

Loading...

IS Creative

About the author

IS Creative

IS Creative adalah sebuah agensi kreatif multi-disiplin yang fokus kepada komunikasi visual, desain identitas brand/merek, dan juga multimedia. Kami telah membantu banyak klien-klien untuk mencapai tujuan bisnis mereka dan meningkatkan kualitas citra brand/merek mereka dalam berbagai macam hal. IS Creative selalu berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan karya-karya yang unik dan berkualitas pada setiap proyek kami.