Inspiration

8 Business Cards of Inspirational Creative Designer

Dengan mengenal lebih banyak desainer inspiratif yang pernah ada di dunia, tentunya wawasan kita akan semakin luas dan terbuka. Dan karena menampilkan wajah dari tokoh-tokoh yang dikompilasi sudah menjadi hal yang biasa, berikut kami perkenalkan para desainer kreatif nan inspiratif melalui desain yang ada pada kartu nama atau business card mereka. Semoga kompilasi inspirasi ini bisa menjadi sumber ide kreatifitas Anda.

1. Stefan Sagmeister

stefan-sagmeister-1

stefan-sagmeister-2

stefan-sagmeister-3

Source : www.sagmeisterwalsh.com

Stefan Sagmeister adalah graphic designer dan typographer asal New York yang lahir di Austria. Bersama Jessica Walsh, ia mendirikan perusahaan desain bernama Sagmeister & Walsh Inc. di New York. Ia dipercaya untuk mendesain cover album beberapa musisi terkenal seperti The Rolling Stones, Jay Z, dan Aerosmith.

2. David Airey

David-Airey-1

David-Airey-2

Source : www.davidairey.com

Sebagai graphic designer dan penulis yang mengkhususkan diri pada bidang brand identitiy design, David Airey telah merilis dua buku yang cukup laris di pasaran. Buku pertamanya, Logo Design Love: A Guide to Creating Iconic Brand Identities diterjemahkan dalam sepuluh bahasa dan buku keduanya Work for Money, Design for Love rilis pada November 2012 lalu. Beberapa klien yang menggunakan jasanya antara lain BBC, Yellow Pages, blinkbox, Rupp, Asian Development Bank, dan Berthier Associates.

3. Ray Eames

Ray-Eames-1

Ray-Eames-2

Source : www.quora.com

Ray Eames bersama suaminya, Charles, banyak memberikan kontribusi dan perubahan baru pada industri arsitektur, desain mebel, desain industrial (termasuk produksinya), dan juga seni fotografi. Ray merancang dua puluh enam desain cover untuk Arts & Architecture magazine pada tahun 1942-1948 serta menjadi bagian utama dari iklan furniture Eames di Herman Miller. Pasangan ini terkenal dengan desain Eames Lounge Chair and Ottoman dan Eames Lounge Chair Wood-nya yang sampai saat ini masih menjadi inspirasi bagi banyak furniture designer jaman sekarang.

4. Massimo Vignelli

Massimo-Vignelli

Source : twitter.com/vignelli

Legenda desain grafis Italia, Massimo Vignelli berkecimpung pada beberapa bidang desain diantaranya adalah desain kemasan, furniture, showroom, dan juga bangunan. Ia bersama istrinya mendirikan perusahaan Vignelli Associates, dimana Vignelli fokus pada kesederhanaannya melalui penggunaan bentuk-bentuk geometris dasar pada karya-karya desainnya. Perusahaan yang pernah menjadi kliennya antara lain IBM, Knoll, Bloomingdale, dan American Airlines. Ia termasuk dalam daftar desainer berpengaruh abad ke-20, terbukti dengan sejumlah penghargaan yang diperolehnya seperti AIGA Gold Medal (1983), the first Presidential Design Award (1985), the National Arts Club Gold Medal for Design (2004), and the Lifetime Achievement Award from the Cooper Hewitt National Design Museum (2005).

5. Paul Rand

Paul-Rand

Source : www.wmscoink.com

Seorang desainer grafis Amerika, Paul Rand, terkenal dengan desain logo perusahaan yang ia ciptakan pada tahun 1950-an hingga 1960-an. Dia merancang banyak poster dan identitas perusahaan termasuk logo untuk IBM, UPS, dan ABC. Yang paling menonjol dari karya-karyanya adalah kolaborasinya dengan Steve Jobs untuk identitas perusahaan NeXT Computer. Rand adalah seorang desainer serba bisa yang juga seniman, pelukis, dosen, dan desainer industri.

6. Andy Warhol

Andy-Warhol

Source : designtaxi.com

Andy Warhol merupakan seorang painter dan filmmaker yang mencetuskan lukisan pop terkenal pada botol Coca-cola, pembersih vakum, dan hamburger. Dia melukis selebriti seperti Marilyn Monroe, Elizabeth Taylor, Mick Jagger, dan Mao Zedong dengan warna menyolok dan terang. Karena karyanya inilah Warhol menjadi tenar dan menerima banyak pekerjaan untuk membuat lukisan para sosialita dan selebriti saat itu. Lukisannya yang berjudul Eight Elvises dijual dengan harga mencapai seratus juta US Dollar pada tahun 2008, dan menjadi lukisan termahal Warhol saat itu.

7. Zaha Hadid

Zaha-Hadid

Source : blog.miragestudio7.com

Zaha Hadid menjadi seorang perempuan pertama penerima Pritzker Architecture Prize pada 2004 dan London's Design Museum Design of the Year Award atas rancangannya pada Heydar Aliyev Center pada 2014 lalu. Zaha pernah mengerjakan proyek-proyek monumental seperti Gedung Parlemen Irak di Baghdad, Stadion Nasional Jepang, dan Stadion Qatar 2022 FIFA World Cup.

8. Surianto Rustan

Surianto-Rustan

Source : www.suriantorustan.com

Dari Indonesia, Surianto Rustan adalah seorang desainer grafis, pengajar akademis, dan juga penulis buku. Beberapa bukunya yang cukup dikenal oleh kalangan kreatif muda di Indonesia adalah LAYOUT: Dasar dan Penerapannya, Mendesain Logo, HURUFONTIPOGRAFI, dan Bisnis Desain.

Setelah delapan desainer kreatif diatas, kami putuskan untuk menambahkan tiga peserta lagi dalam daftar Business Card of Inspirational Creative Designer ini. Mereka bukan pelaku industri desain secara langsung, namun kreatifitas mereka telah merubah dunia dan memperkenalkan hal baru pada umat manusia.

9. Mark Zuckerberg

Mark-Zuckerberg

Source : www.news.com.au

Siapa tidak mengenal Mark Zuckerberg? CEO Facebook yang gemar mengenakan kaos oblong abu-abu dan jins ini dinobatkan sebagai Person of The Year versi majalah Time pada 2010 dan Forbes menobatkannya sebagai miliuner termuda dengan total kekayaan saat itu mencapai empat miliar US Dollar.

10. Walter E. Disney

Walter-E.-Disney

Source : www.mirror.co.uk

Walter Elias Disney atau Walt Disney adalah seorang produser film, sutradara, animator, dan pengisi suara. Ia yang mendirikan Walt Disney Productions atau kini lebih dikenal dengan nama Walt Disney Company. Ia dan anak buahnya menciptakan berbagai karakter terkenal dunia, seperti Mickey Mouse (yang disuarakan oleh Walter sendiri), Minnie Mouse, Donald Duck, Goofy, dan Pluto. Karya-karyanya yang legendaris adalah Snow White and the Seven Dwarfs (1937), Pinocchio (1940), Fantasia (1940), Dumbo (1941), dan Bambi (1942).

11. Albert Einstein

Albert-Einstein

Source : designtaxi.com

Albert Einstein membuat gebrakan besar dalam dunia fisika dengan menemukan teori relativitas yang mendukung berkembangnya ilmu mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Pada 1921, ia dianugerahi penghargaan Nobel Prize pada bidang fisika atas penjelasannya tentang efek fotolistik dan dan pengabdiannya bagi fisika teoritis. Pada 1999, Einstein diberi gelar "Tokoh Abad Ini" oleh majalah Time. Untuk menghargainya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai Einstein, sebuah unsur kimia dinamai Einsteinium, dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein.

Permalink

Loading...

IS Creative

About the author

IS Creative

IS Creative adalah sebuah agensi kreatif multi-disiplin yang fokus kepada komunikasi visual, desain identitas brand/merek, dan juga multimedia. Kami telah membantu banyak klien-klien untuk mencapai tujuan bisnis mereka dan meningkatkan kualitas citra brand/merek mereka dalam berbagai macam hal. IS Creative selalu berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan karya-karya yang unik dan berkualitas pada setiap proyek kami.